Seni Musik : Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi

Seni Musik : Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi

 Pengertian Seni Musik – Musik pada intinya adalah bunyi yang disampaikan melalui ritme dan nada yang teratur dan melodi yang berbunyi dengan indah. Musik tercipta dari berbagai media bukan hanya dari alat saja melainkan bisa seperti suara manusia.

Musik bukan hanya untuk media hiburan dan berekspresi semata, melainkan dapat juga digunakan sebagai sarana untuk pendidikan, sumber inspirasi, dan sebagai profesi.

Berikut ini adalah uraian singkat tentang pengertian seni musik dan berbagai unsur-unsur seni musik yang akan kami sajikan secara lengkap dan jelas.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengetian Seni Musik
Pengetian Seni Musik

Pengertian Seni Musik (Jamalus)

Musik adalah hasil dari karya seni yang berupa bunyi dan disajikan dalam bentuk lagu maupun komposisi yang digunakan sebagai ungkapan perasaan maupun ungkapan pikiran penciptanya melalui beberapa unsur pokok musik seperti melodi, irama, harmoni, dan bentuk maupun struktur lagu atau ekspresi sebagai sumber kesatuan dalam musik.

Pengertian Seni Musik (Sunarto)

Seni Musik adalah penghayatan dari isi hati manusia yang diungkapkan melalui bunyi yang teratur dengan ritme ataupun melodi serta memiliki unsur dan keselarasan yang indah.

Pengertian Seni Musik (Reed dan Sidnell)

Seni Musik adalah cabang dari seni yang berbentuk suara yang mana di dalam musik tersebut terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, dan timbre.

Pengertian Seni musik (David Ewen)

Seni musik adalah Ilmu pengetahuan seni tentang beberapa kombinasi nada-nada dan ritmik, baik dari vokal maupun instrumental, yang meliputi harmoni maupun melodi yang berguna sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan dari musik terutama aspek emosional.

Pengertian Seni Musik (Adjie Esa Poetra)

Seni musik adalah sebuah bunyi yang beraturan, bukan hanya bersifat moral dan normatif, melainkan juga diakui karena selaras berdasarkan perhitungan ilmu fisika

Pengertian Seni Musik (Aristoteles)

Musik adalah curahan dari kemampuan dan penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dan juga gerakan dalam satu rentetan nada yang memiliki suatu nada.

Pengertian Seni Musik (Banoe 2003:288)

Seni musik adalah cabang seni yang membahas tentang suara dan juga pola yang gampan dan bisa di pahami oleh manusia.

Pengertian Seni Musik (David Ewen)

Seni musik adalah ilmu pengetahuan tentang seni mengenai ritmik dan nada, vokal maupun instrumental yang mencangkup melodi dimana berfungsi sebagai ekspresi.

Pengertian Seni Musik (Dello Joio)

Seni musik adalah ilmu pengetahuan dan pandangan yang meningkatkan suatu rasa dan penghargaan tentang seni.

Pengertian Seni Musik (Lexicographer)

Seni musik adalah ilmu atauseni dari ritmis dari beberapa nada, vokal dan instrument. Untuk mengungkapkan apa saja yang bersifat emosional.

Pengertian Seni Musik (Silado)

Seni musik adalah wujud dari beberapa ilusi dan juga alunan suara dan nada. Atau dalam kata lain nada dan alunan musik yang berjiwa dapat menggerakan isi hati sang penikmat musik tersebut.

Pengertian Seni Musik (Suhastjarja)

Seni musik adalah ungkapan rasa yang indah dari manusia dalam bentuk konsep kumpulan tentang nada yang didalamya terkandung ritme yang memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal dengan diri sendiri dan lingkungan sehingga lingkungan bisa mengerti dan menikmati dari apa yang ada dalam seni musik tersebut.

Dari pengertian seni musik menurut pemikiran dari beberapa ahli di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa Pengertian Seni Musik adalah ungkapan dari perasaan seseorang yang diungkapkan dalam bentuk nada dan dalam bentuk syair yang indah.

Unsur-Unsur Seni Musik

Musik dapat didengar dengan indah karena ada berbagai unsur musik yang tergabung di dalamnya.

Ada beberpa unsur yang ada dalam seni musik, diantaranya sebagai berikut:

Melodi – Unsur-Unsur Seni Musik

Pengertian Seni Musik
Pengertian Seni Musik

Melodi adalah rangkaian sejumlah nada maupun bunyi, yang dinilai berdasarkan perbedaan nada tinggi maupun rendah atau naik turunnya nada. Melodi adalah bentuk ungkapan penuh maupun hanya penggalan ungkapan dari melodi.

Melodi yaitu durasi, pitch, dan juga tone. Pitch sendiri merupakan suatu yang mengatur rangkaian not menggunakan lambang alfabet A-G. Pitch sendiri sering disebut warna suara atau timbre.

Not dihasilkan dari berbagai alat musik dengan macam suara yang berbeda atau bisa disebut dengan istilah tone.

Ritme (Irama) – Unsur-Unsur Seni Musik

Ritme atau irama adalah gerakan yang teratur dan mengalir karena adanya aksen dengan tetap. Irama lebih berasa indah karena adanya perbedaan nilai dari satuan bunyi dengan yang lainya. Ritme sendiri merupakan aliran ketukan dasar untuk mengatur dan mengikuti variasi gerak pada melodi.

pengertian seni musik
pengertian seni musik

Dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang kita dapat merasakan ritme lagu tersebut. Pola irama musik memberikan perasaan ritmis karena pada dasarnya irama adalah penggerak perasaan yang berhubungan erat dengan gerak fisik. Ritme sendiri akan melekat sampai dibenak penikmat musik kalau sering dilatih.

Birama – Unsur-Unsur Seni Musik

Birama adalah unsur dari seni musik yang berupa ketukan/ ayunan secara berulang-ulang yang datang dengan teratur dalam waktu yang bersamaan. Birama sendiri biasanya dituliskan dengan angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan yang lainya.

Angka pembilang (di atasnya tanda “/” ) menunjukan jumlah banyaknya ketukan, sedangkan angka penyebut (di atasnya tanda “/”) menunjukan nilai pada nada dalam satu ketukan. Birama dengan penyebut genap bisa di sebut birama bainar, sedangkan birama dengan penyebut ganjil dinamakan birama ternair.

ada 2 jenis birama utama, diantaranya birama perduaan serta birama pertigaan yang bisa diperinci menjadi :

  • Birama perduaan bersahaja : Birama 2/4 dan 2/8
  • Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4, 8/4, 4/8, dan 8/8
  • Birama pertigaan bersahaja : Birama 3/4 dan 3/8
  • Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4, 6/8, 9/4, dan 9/8

Harmoni – Unsur-Unsur Seni Musik

Harmoni adalah sesuatu yang berhubungan dengan kesesuaian bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi susunan, hubungan dari sebuah perpaduan bunyi dengan bentuk secara menyeluruh.

Harmoni mempunyai lapisan interval dan akor. Interval sendiri adalah susunan nada-nada yang apabila dibunyikan dengan serentak akan terdengar harmonis. Sedangkan Akor akan mengiringi melodi lagu yang berfungsi sebagai satu kegiatan utuh yang enak didengar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan melodi dapat memenuhi aspek seni musik dengan horizontal, sedangkan harmoni bisa memenuhi aspek hubungan dengan nada-nada secara vertikal.

Peranan harmoni ini akan terlihat semakin nyata ketika seseorang menyayikan sebuah lagu dengan di iringi alat musik. Harmoni akan memberi bobot, nilai serta bentuk tabuhan pada melodi. Sebuah lagu akan  indah didengar apabila lagu tersebut memiliki harmoni yang baik.

Tempo – Unsur-Unsur Seni Musik

Tempo adalah hal yang sangat berhubungan dengan cepat ataupun lambatnya gerak musik dalam lagu, atau dapat dikatakan ukuran kecepatan birama lagu.

Semakin cepat permainan memainkan lagu, maka semakin besar nilai pula tempo lagu tersebut. Tanda tempo dibagi menjadi 4 yaitu Tempo Lambat , Tempo Sedang, Tempo Cepat, dan Tempo Perubahan.

cara untuk menentukan tempo adalah dengan beat. Beat sendiri adalah ketukan dasar yang menunjukan berapa ketukan dalam satu menit. Contohnya , ada sebuah lagu yang memiliki beat MM70, artinya dalam satu menit permainan terdapat 70 ketukan.

MM sendiri adalah singkatan dari Metronome Malze. Metronome sendiri adalah alat untuk mengukur tempo.

Dinamik – Unsur-Unsur Seni Musik

Dinamik adalah hal yang sangat berhubungan dengan keras lembutnya suatu lagu dan perubahannya. Tanda dinamik sendiri dibagi menjadi 3, diantaranya adalah tanda dinamik lembut, tanda dinamik sedang, dan tanda dinamik keras.

Tanda dinamik lembut terbagi menjadi 2 yaitu Piano (lembut), pianissimo (sangat lembut).

Tanda dinamik sedang terbagi menjadi 2 yaitu Mezzo Piano (agak keras), Mezzo Forte (agak keras).

Tanda dinamik keras  juga terbagi menjadi 2 yaitu Forte (keras), Fortissimo(sangat keras)

Dinamik adalah unsur yang paling kuat yang menunjukkan emosi atau perasaan karena didalamnya terkandung sebuah karya musik kalau dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya.

Dinamik sendiri dapat memperlihatkan sebuah karya musik yang memiliki emosi maupun perasaan seperti riang, sedih, gembira, agresif, maupun datar. Dinamik ketika dimainkan oleh pemusik maupun pendengar dinamik ini akan masuk ke dalamnya.

Tangga Nada – Unsur-Unsur Seni Musik

Tangga Nada adalah suatu urutan atau deret nada dengan susunan berjenjang. dari nada satu dengan nada yang lain terdapat jarak tertentu. Mulai dari berjarak 1/2, 1, 1 1/2, sampai 2.

Jarak dala seni musik inilah yang menentukan suatu variasi nada dan jenis tangga nada. Contohnya, kalau kita membunyikan do, re, mi, fa, sol, la, si, do, artinya kita membunyikan atau menyuarakan urutan nada, dari nada rendah sampai ke nada yang tinggi.

Urutan tangga nada itu diawali dari salah satu nada yang diakhiri oleh nada yang sama akan tetapi lebih tinggi 1 oktaf dari nada awal.

ada 3 macam tangga nada, yaitu Tangga Nada pentatonis, Tangga Nada Diatonis dan Tangga Nada Kromatis.

Timbre – Unsur-Unsur Seni Musik

Timbre adalah warna bunyi atau bisa dibilang kualitas bunyi yang membedakan kesan. Timbre untuk sebuah alat musik hanya dipengaruhi oleh sumber bunyi atau cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan dari alat musik petik dan alat musik pukul juga berbeda.

Fungsi Seni Musik

Pengertian Seni Musik
Pengertian Seni Musik

Seni musik sebagai sarana untuk mengekspresikan diri

Seorang musisi disamping mengisyaratkan bakatnya musisi juga akan meluapkan perasaan melalui seni musik ini. Karena, ekspresi perasaan melalui seni musik akan bisa lebih bisa dirasakan.

Seni musik sebagai sarana untuk hiburan

Musik sendiri sangat efisien dalam hal menghibur selama seni musik yang dibawakan dianggap baik sudah pasti seni musik tersebuk bisa menghibur.

Sebagian orang bahkan memerlukan musik untuk menghibur diri jika dalam keadaan bosan maupun saat dalam keadaan sedih, ada juga yang digunakan untuk  teman bekerja.

Seni musik sebagai sarana untuk terapi

Musik sendiri pada mulanya di perkenalkan untuk memulihkan korban perang dunia ke II. Namun, sekarang seni musik sendiri selain digukan sebagai penghibur juga digunakan sebagai alat untuk terapi mental maupun penyakit kelumpuhan pada tubuh.

Musik sendiri juga berguna untuk menyegarkan tubuh maupun suasana saat sedang bekerja.

Seni musik sebagai alat untuk melatih kreatifitas

Kreatifitas sendiri adalah sifat yang murni pada diri manusia yang dihubungkan dengan skill dan sifat untuk mencari atau menciptakan hal baru.

Dalam seni musik sendiri juga diperlukan sebuah kreatifitas, karena ketika seseorang yang bermain musik telah menciptakan mengeluarkan skill maupun kreatifitas dalam bermain musik maka irama dalam musik yang akan dihasilkan juga lebih bisa dinikmati dan diterima oleh pendengar.

Seni musik sebagai alat untuk berkomunikasi

Di sebagian wilayah di Indonesia, musik atau instrumen nada tertentu memiliki arti untuk sebagian lingkungan masyarakat. Bentuk bunyi-bunyian yang menganung rytme tertentu yang menandakan bahwa telah terjadi kejadian atau akan diadakanya kegiatan.

Seni musik sebagai alat untuk sarana pendidikan

Seni musik selain berguna untuk hiburan, obat dan yang lainya musik juga bisa digunakan untuk alat atau sarana pendidikan yang digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolahan.

Tak hanya itu musik juga bisa dimanfaatkan untuk menambah kecintaan ke tanah air bisa juga menggunakan lagu-lagu daerah sebagai alat bantu pendidikan, karena bisa meningkatkan sikap sama kepada suku, ras yang berbeda.

pengertian seni musik
pengertian seni musik

Lah itu tadi beberapa pengertian dari para tokoh, unsur-unsur seni musik, dan kegunaan seni musik, banyak kann. Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan tentang seni musik – Pengertian Seni Musik

Leave a Comment