ETIKA : Pengertian (Menurut Para Ahli), Jenis,, Ciri Ciri [LENGKAP]

ETIKA : Pengertian (Menurut Para Ahli), Jenis,, Ciri Ciri [LENGKAP]

Pengertian Etika – Etika adalah norma atau suatu aturan yang biasanya dipakai untuk pedoman dalam berperilaku di kehidupan bermasyarakat bagi orang terkait dengan sifat baik atau buruk.

Ada yang menyebutkan juga kalau pengertian etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang kesusilaan atau perilaku manusia dalam cara bergaul dengan sesama masyarakat yang biasanya menyangkut suatu prinsip atau aturan tentang perilaku yang benar. Atau bisa dibilang, etika adalah sebuah kewaijban dan tanggungjawab moral bagi setiap orang dalam berperilaku di dalam masyarakat.

Secara bahasa, kata etika berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Ethikos” yang berarti timbul dari sebuah kebiasaan. Dalam hal ini etika sendiri memiliki sudut pandang normatif dimana sudut pandang yang objeknya adalah manusia dan perbuatannya.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pengertian Etika
Pengertian Etika

1. Etika menurut Soergardra Purbakawatja

Menurut beliau pengertian etika sendiri adalah suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan dan pijakan suatu tindakan yang dilakukan manusia

2. Etika menurut K Bertens

Etika adalah nilai norma dan moral yang menjadi acuan untuk semua umat manusia baik secara individu maupun secara kelompok dalam mengatur semua tingkah laku mereka.

3. Etika menurut Aristoteles

Menurut aristoteles etika di definisikan menjadi 2 bagian yaitu : terminius tecnicus serta manner and cutom. Termiinius tecnicus adalah etika yang dipelajari hanya sebatas sebagai ilmu pengetahuan yang mana mempelajari suatu perilaku manusia.

Sedangkan Manner and Cutom adalah pembaahasan yang berhubungan dengan tata cara dan suatu adat kebiasaan yang sudah melekat pada kebiasaan manusia.

4. Etika menurut Drs Burhanuddin Salam

Etika adalah cabang filsafat yang berbicara tentang norma dan nilai yang menentukan suatu sifat atau perilaku manusia.

5. Etika menurut Robert Salemon

Etika adalah karakter atau bisa dibilang hukum yang mengatur dan mengendalikan tentang kebiasaan dan juga membahas tentang perilaku manusia.

6. Etika menurut fagothey

Etika adalah kehendak manusia yang berhubungan dengan benar atau salahnya sebuan perbuatan.

7. Etika menurut Kattsoff

Etika adalah perbuatan yang bersangkutan dengan prinsip-prinsip pembenaran yang berhubungan dengan tingkah laku manusia.

8. Etika menurut Drs. O.P Simorangkir

Pengertian Etika
Pengertian Etika

Etika adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran baik perilaku yang baik maupun perilaku tidak.

9. Etika menurut Sumaryono

Etika adalah pembahasan tentang kebenaran atau tidak benarnya berdasarkan kodrat manusia yang biasanya diwujudkan malui kehendak manusia dalam melakukan tindakan.

10. Etika menurut Martin

Etika adalah disiplin pengetahuan yang dimana etika tersebut menjadi acuan dan dasar yang berguna untuk mengontrol periaku dan tingkah laku manusia.

11. Etika menurut Hamzah Yakub

Etika adalah penyelidikan suatu perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. Serta memperlihatkan amal dan perbuatan yang bisa di terima oleh akal dan pikiran.

12. Etika menurut Maryani dan Ludigdo

Etika adalah ketentuan dan dasar yang mengatur tingkah laku manusia, baik perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk, yang perlu di pertahankan dan yang perlu di tinggalkan dan diyakini oleh golongan orang-orang.

13. Etika menurut Ahmad Amin

Etika adalah arti yang menjelaskan antara perilaku baik dan perilaku buruk dan bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh manusia juga satu tujuan yang perlu diraih dalam perbuatannya serta menunjukan arah untuk melakukan yang harus dilakukan oleh manusia.

14. Etika menurut Ramali dan Pamuncak

Etika adalah suatu perbuatan yang benar dalam suatu perbuatan yang benar dalam profesi.

15. Etika menurut Drs. Sidi Gajalba

Etika adalah tingkah laku dan perbuatan manusia yang dipandang dari perilaku baik dan buruknya yang bisa di tentukan atau bisa di terima oleh akal.

16. Etika menurut Franz Magnis Suseno

Etika adalah ilmu yang memberikan arah atau pijakan untuk perilaku manusia.

17. Etika menurut Ahmad Amin

Etika adalah pengetahuan yang mengkaji tentang baik dan buruk serta apa saja yang harus dilakukan oleh manusia dalam perbuatan yang menujukan arah apa yang harus harus dilakukan oleh manusia.

18. Etika menurut H A Mustafa

Etika adalah ilmu yang menyelidiki mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk dengan memperhatikan amal dan perbuatan sejauh dengan yang diketahui oleh akal manusia.

Ciri Ciri Etika

Pengertian Etika
Pengertian Etika

Terdapat beberapa macam karakteristik etika yang membedakan dengan norma yang lain.
Berikut adalah beberapa ciri Etika:

1. Etika tetap harus dilakukan meskipun tidak ada orang lain yang melihat.
2. Etika bersifat mutlak atau absolute
3. Etika terdapat cara pandang manusia dari sisi batiniah.
4. Etika sangat erat kaitanya dengan perilaku dan perbuatan.

Jenis jenis Etika

Pengertian Etika
Pengertian Etika

1. Etika Filosofis

Etika filosofil ini adalah etika yang bersumber dari aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Atau bisa dikatakan etika adalah bagian dari filsafat.

Ada beberapa sifat dari etika diantaranya adalah :

• Empiris

Empiris adalah cabang filsafat yang membahas secara kongkrit atau waktu yang benar-benar ada.

• Non Empiris

2. Etika Teologis

Pada dasarnya teologi ini ada pada setiap agama, dimana etika ini adalah bagian dari etika umum yang mengandung banyak unsur etika dan dapat dimengerti dan gampang dimengerti jika sudah memahami etika secara umum.

Oke terimakasih itu tadi beberapa peengertian umum dan pengertian menurut para ahli, ciri-ciri , dan jenis-jenis etika semoga bermafaat.

 

Pengertian Etika

Leave a Comment