AGAMA : Pengertian Para Ahli, Asal Usul, Tujuan, Fungsi [LENGKAP]

AGAMA : Pengertian Para Ahli, Asal Usul, Tujuan, Fungsi [LENGKAP]

Pengertian Agama – Pengertian Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yaitu salah satu sistem yang memberi pengaturan tata keimanan dan juga peribadahan kepada Allah Yang Maha Kuasa serta peraturan atau tata cara yang mempunyai hubungan antar pergaulan manusia dengan manusia,manusia  terhadap Penciptanya serta manusia terhadap lingkungannya.

Kata “agama” adalah bahasa yang bersumber dari bahasa Sansekerta yang artinya “tradisi”. Sedangkan istilah lain untuk menjelaskan konsep ini adalah religi yang bersumber dari bahasa Latin religio dan berakar di kata kerja re-ligare yang artinya “mengikat kembali”. Maknanya adalah dengan bereligi, seseorang sudah mampu mendekatkan dirinya pada ikatan kepada Tuhan.

Agama merupakan suatu bentuk aturan teratur yang terdiri atau tersusun dari kepercayaan hati, sistem budaya, serta sudut  pandangan dunia yang merelasikan manusia dengan bentuk tatanan dari kehidupan.

Beraneka  agama mempunyai catatan tersendiri, simbol agama, dan kesucian agama dimana dimanfaatkan atau digunakan untuk menerangkan arti dari hidup itu sendiri dan menerangkan asal mula kehidupan, manusia pada masa yang lalu ataupun awal terbentuknya alam semesta.

Dari keyakinan manusia mengenai kosmos dan sifat manusia, setiap orang mendapat moralitas, etika khusus, hukum agama atau model dan gaya hidup yang disukai.

Pengertian Agama
Pengertian Agama

Berdasarkan  beberapa perkiraan, ada kurang lebih 4.200 an nama agama di dunia.Tapi agama yang umum dan terkenal di Indonesia hanya ada 6 agama yaitu: Islam, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.

pengertian lain mengenai agama juga suatu bentuk pembelajaran yang tidak hanya penting dari pembelajaran-pembelajaran yang lain contohnya dari definisi pelajaran diatas.

Semua  ini disebabkan karena adanya banyak agama telah terbukti dapat dan mampu untuk mengatur perilaku, sistem kependetaan, menjelaskaan tentang bentuk kepatuhan atau keanggotaan, tempat-tempat suci ibadah, serta juga kitab suci masing-masing agama.

Praktek agama juga dapat meliputi ritual, khotbah agama , pemujaan tuhan, dewa atau dewi dan lain sebagainya yang sudah sering kita jumpai sehari-hari didunia keagamaan.

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Pengertian Agama
Pengertian Agama

Prof Dr.m. Drikarya

Agama merupakan suatu bentuk kenyakinan dikarena adanya bentuk kekuatan supranatural yang mengorganisir serta menciptakan alam dan seisinya.

Émile Durkheim

Agama ialah suatu sistem yang tersususun dari suatu kepercayaan serta praktik yang mempunyai keterkaitan dengan suatu hal yang suci dan juga menggabungkan semua pengikutnnya dalam suatu golongan moral yang di sering dijuluki  dengan sebutan umat.

H. Moenawar Chalil

Agama merupakan perlibatan tingkah laku manusia dalam melaksanakan hubungan dengan kekuatan supranatural sebagai bentuk konsekuensi atas pengakuannya.

Jappy Pellokild

Agama yaitu ketika hati  percaya dengan adanya tuhan yang maha esa dan punya hati untuk  mempercayai hukum-hukumnya.

Hendro Puspito

Agama ialah suatu bentuk sistem nilai yang mengorganisir hubungan antara manusia dengan alam semesta yang mempunyai hubungan dengan keyakinan.

Asal-Usul Agama

Pengertian Agama
Pengertian Agama

Terciptanya  suatu Agama (Kristen, Yahudi, dan Islam) mempunyai sejarah atau asal mula yang hampir sama yaitu dari asal mula Bangsa Semit. “Bangsa Semit berasal dari Jazirah Arab”. Kata Arab yang muncul pertama kali pada abad ke-9 pra-masehi.

Bangsa Arab tidak semua tersusun dari orang-orang Islam saja, tapi juga terdiri dari orang Kristen dan orang Yahudi. Beberapa bukti konkret yang ada adalah adanya perabadan Nabath yang dibentuk oleh bangsa Arab berkeyakinan Kristen.

Kristen, Yahudi, dan Islam memiliki latar belakang yang sama, dapat dilihat dan dibuktikan dengan adanya Kitab Agama Islam, Kitab umat Kristen (Perjanjian lama), ditulis dalam suatu bentuk yang sama yaitu dari bahasa Semit.

Salah satu isi pokok dari perjanjian lama yaitu kata “Tuhan” yang memiliki arti yang sama dengan bentuk kata”Allah” yang di artikan oleh kaum Muslim (“Allah” berarti Tuhan).

Bangsa Indo – Eropa mempercayai ada banyak Dewa ketika masa itu. Sedangkan  Bangsa Semit juga membuat ciri khas Bangsa Semit disatukan dengan keyakinan satu Tuhan (Monoteisme).

Agama Islam,agama Yahudi, dan agama Kristen memiliki gagasan ide dasar yang hampir 99% sama yaitu mempercayai bahwa kepada satu Tuhan (Monoteisme).

Bangsa Semit memiliki sudut pandangan yang Linier terhadap sejarah, misalkan seperti sebuah garis lurus dimana garis itu adalah lambang terciptanya Dunia merupakan awal dari sebuah kehidupan dan kiamat adalah sebagai akhir dari kehidupan.

Tujuan Agama

Pengertian Agama
Pengertian Agama

Sedangkan  tujuan Agama itu sendiri yaitu sebagai aturan Tuhan yang dapat menuntun Manusia yang mempunyai akal untuk berusaha menemukan kebahagiaan kehidupan dunia dan kehidupan akhir di akhirat, “kehidupan selanjutnya”.

Selain itu Agama juga menjelaskan para pengikutnya untuk menata hidupnya agar memperoleh kebahagiaan untuk dirinya sendiri maupun masyarakat sekitarnya, selain hal diatas juga sebagai jalan pembuka kepada Sang Pencipta manusia. Tuhan yang Maha Esa ketika telah kita telah mati.

Ajaran agama yang menyuluruh mempunyai kandungan kebenaran yang tidak mungkin dapat diubah meskipun masyarakat sudah menerima itu perubahan dalam susunan struktur dan cara berfikirnya.

Fungsi Agama

Pengertian Agama
Pengertian Agama

Ketika Manusia dilahirkan di alam dunia ini dalam kondisi yang lemah dan tidak mempunyai daya apapun, serta tidak tahu apa-apa sebagaimana diterangkan dalam firman Allah dalam Q. S. al-Nahl (16) : 78“Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam kondisi tidak tahu apa-apa. Dia menciptakan untukmu alat pendengaran, penglihatan dan hati, namub sedikit di antara mereka manusia yang mensyukurinya.“

Dalam kondisi yang seperti itu, manusia selalu digoda oleh berbagai macam godaan dan rayuan, baik dari dalam diri manusia sendiri, maupun dari luar dirinya. Godaan dan rayuan dari dalam diri manusia sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

*.Godaan dan rayuan yang berusaha menjerumuskan manusia  dalam lingkungan yang berisikan kebaikan, yang menurut istilah Al-Gazali didalam buku karangannya ihya ulumuddin dijelaskan dengan malak Al-hidayah yaitu kekuatan yang berusaha membawa manusia kepada hidayah atau amal kebaikan.

*.Godaan dan rayuan yang mencoba berusaha melumpuhkan manusia kepada kejahatan,yang menurut istilah Al-Gazali disebutkan dalam malak al-ghiwayah, yakni kekuatan-kekuatan yang berusaha mengajak manusia kepada tindak kejahatan

Disinilah tempat  fungsi agama dalam kehidupan manusia, yaitu menuntun manusia kejalan  baik dan menjauhkan manusia dari tindak kejahatan atau kemungkaran.

Fungsi Agama

Pengertian Agama
Pengertian Agama

1.Memberi contoh pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia

Agama sentiasanya memberikan penerangan kepada masalah duniawi (secara keseluruhan), serta juga kedudukan manusia di dalam dunia. Penerangan dalam hal ini sebenarnya susah diraih melalui indra manusia, namun sedikit tuntunan daripada falsafah. Contohnya saja, agama Islam menuntun dan memberikan penerangan kepada umatnya bahwa dunia adalah hasil ciptaan Allah(s.w.t) dan setiap manusia wajib menaati Allah(s.w.t).

2.Menjawab berbagai pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh manusia

Banyak  pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh manusia misalnya saja Kehidupan manusia setelah mati, tujuan hidup didunia, nasib dan lain sebagainya,maka di sinilah letak fungsi dan tujuan dari Agama

3.Memberi rasa kekitaanatau kebersamaan kepada sesuatu golongan manusia

Salah satu faktor timbulnya kelompok manusia yaitu Agama karena dalam sistem agama menimbulkan kesamaan tidak saja kepercayaan manusia yang sama, melainkan tingkah tanduknya, pandangan dunia dan nilai yang sama.

4.Memainkan guna peranan sosial

Kebanyakan agama di dunia ini menganjurkan kepada perbuatan kebaikan. Dalam ajaran agama sendiri sebenarnya telah menetapkan kode etika yang harus dan wajib dilaksanakan oleh penganutnya.

 

Pengertian Agama

Leave a Comment